Pada penulisan kali ini, saya
akan mencoba membahas apa hubungan antara SIM dan Manajemen Layanan Sistem
Informasi. Sebelum kita tau apa sih hubungan antara SIM dan Manajemen Layanan
Sistem Informasi, kita ulas terlebih dahulu mengenai SIM. Pasti kalian tau kan
kepanjangan SIM di sini itu apa? Bukan Surat Izin Mengemudi lho ya. Yap seperti
yang kita ketahui, SIM adalah Sistem Informasi Manajemen. Apa sih pengertian
SIM itu sendiri? Mari kita coba menjabarkannya secara perkata.
Sistem adalah kumpulan
komponen yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Informasi adalah
data yang telah diolah yang dapat berdaya guna. Nah arti Manajemen itu
sendiri adalah proses mengelola, mengendalikan, mengurus untuk mendapatkan
tujuan tertentu. Jadi, pengertian SIM itu sendiri adalah kumpulan
komponen yang mengelola sesuatu yang berdaya guna untuk mencapai tujuan
tertentu. Kurang lebih itu dia pengertian SIM menurut pendapat saya (yang
sebelumnya browser-browser dulu).
Lalu kita masuk ke Manajemen Layanan Sistem informasi atau disebut juga ITSM (Information Technology Service Management). Dikutip dari Wikipedia, pengertian ITSM sendiri adalah suatu metode pengelolaan system TI yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Seperti namanya, Manajemen “Layanan” SI, ini mengacu pada pelaksaan dan pengelolaan kualitas “layanan” TI yang memenuhi kebutuhan bisnis. Sehingga penyediaan layanan TI tidak bisa lagi hanya berfokus pada teknologi dan organisasi internal mereka. Karna mereka harus juga mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan dan focus pada hubungan dengan pelanggan.
Nah balik lagi ke pertanyaan
awal, apa sih hubungan antara SIM dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi?
SIM sendiri itu kan memiliki output yaitu tujuan tertentu, maka dari itu
manejemen layanan system informasi ini dibutuhkan. Selain untuk mempermudah dan
membantu dalam pengerjaan manajemen, agar hasil dari SIM yang dibantu dengan
Manajemen Layanan Sistem Informasi menghasilkan output tujuan yang memenuhi
kebutuhan bisnis yang tidak hanya berfokus pada teknologi namun juga kualitas
layanan nya.
Kurang lebih seperti itu kajian
dari pengertian SIM, Manajemen Layanan Sistem Informasi, hingga hubungan SIM
dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi. Terimakasih karna sudah meluangkan
waktunya untuk membaca ulasan saya (yang tidak seberapa ini). Semoga bermanfaat
untuk ke depannya:)
Daftar pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar