Sabtu, 02 April 2016

Hubungan SIM dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi



Pada penulisan kali ini, saya akan mencoba membahas apa hubungan antara SIM dan Manajemen Layanan Sistem Informasi. Sebelum kita tau apa sih hubungan antara SIM dan Manajemen Layanan Sistem Informasi, kita ulas terlebih dahulu mengenai SIM. Pasti kalian tau kan kepanjangan SIM di sini itu apa? Bukan Surat Izin Mengemudi lho ya. Yap seperti yang kita ketahui, SIM adalah Sistem Informasi Manajemen. Apa sih pengertian SIM itu sendiri? Mari kita coba menjabarkannya secara perkata.



Sistem adalah kumpulan komponen yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Informasi adalah data yang telah diolah yang dapat berdaya guna. Nah arti Manajemen itu sendiri adalah proses mengelola, mengendalikan, mengurus untuk mendapatkan tujuan tertentu. Jadi, pengertian SIM itu sendiri adalah kumpulan komponen yang mengelola sesuatu yang berdaya guna untuk mencapai tujuan tertentu. Kurang lebih itu dia pengertian SIM menurut pendapat saya (yang sebelumnya browser-browser dulu).






Lalu kita masuk ke Manajemen Layanan Sistem informasi atau disebut juga ITSM (Information Technology Service Management). Dikutip dari Wikipedia, pengertian ITSM sendiri adalah suatu metode pengelolaan system TI yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Seperti namanya, Manajemen “Layanan” SI, ini mengacu pada pelaksaan dan pengelolaan kualitas “layanan” TI yang memenuhi kebutuhan bisnis. Sehingga penyediaan layanan TI tidak bisa lagi hanya berfokus pada teknologi dan organisasi internal mereka. Karna mereka harus juga mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan dan focus pada hubungan dengan pelanggan.
Nah balik lagi ke pertanyaan awal, apa sih hubungan antara SIM dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi? SIM sendiri itu kan memiliki output yaitu tujuan tertentu, maka dari itu manejemen layanan system informasi ini dibutuhkan. Selain untuk mempermudah dan membantu dalam pengerjaan manajemen, agar hasil dari SIM yang dibantu dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi menghasilkan output tujuan yang memenuhi kebutuhan bisnis yang tidak hanya berfokus pada teknologi namun juga kualitas layanan nya.
Kurang lebih seperti itu kajian dari pengertian SIM, Manajemen Layanan Sistem Informasi, hingga hubungan SIM dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi. Terimakasih karna sudah meluangkan waktunya untuk membaca ulasan saya (yang tidak seberapa ini). Semoga bermanfaat untuk ke depannya:)

 
Daftar pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar